Cara pengolahan tanah sangat menentukan produksi bawang merah. Untuk itu pengolahan tanah harus dilakukan sebaik mungkin. Pengolahan tanah ini meliputi 3 tahap yaitu Persiapan lahan, Pembuatan bedengan dan Pemupukan dasar. Berikut penjelasannya :
  • Persiapan lahan dilakukan dengan cara membersihkan gulma dan menggemburkan tanah, penggemburan tanah kurang lebih sedalam 25-30 cm. Kemudian dilakukan pengecekan pH tanah, apabila pH kirang dari 5,6 sebaiknya dilakukan pengapuran menggunakan Kaptan atau Dolomit dengan dosis 1-1,5 ton/ha. Pengapuran dilakukan minimal 2 minggu sebelum tanam.
  • Penanaman bawang merah lebih baik menggunakan bedengana. Pembuatan bedengan disesuaikan dengan kebutuhan. Bedengan biasanya dibuat dengan ukuran 1,5-1,75 m, diantara beedengan dibuat parit dengan ukuran 0,5 m dan kedalaman 0,5 m. Penanaman tanpa menggunakan bedengan tidak disarankan, dikarenakan resiko genangan air yang mengakibatkan pertumbuhan negatif dan menimbulkan penyakit.
  •  Pemupukan dilakuka satu minggu sebelum penanaman menggunakan pupuk kandang dengan dosis 15-20 ton/ha atau 5-10 ton/ha kompos matang ditambah 200 kg/ha TSP. atau dapat juga menggunakan pupuk NPK (15-15-15) dosis ± 200 kg/ha.
filed under:

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengakuan Kisah Nyata Ibu Ratnawati 

      Assalamualaikum Wr, Wb.
      sebelumnya saya minta maaf apabilah tulisan yang saya posting ini menyinggung hati para pecinta dunia maya, namun apa yang saya tulis ini bukanlah tapi kisah nyata yang saya alami dan rasakan saat ini, 

      sebelum saya melanjutkan cerita ini perkenalkan nama lengkap saya Ibu Ratnawati Usia 44 tahun tinggal di Pohuwato propinsi Gorontalo, kisah saya mulai ketika saya dan suami membuka usaha pengepul rumput laut di daerah kami awalnya usaha kami sangat maju pesat dan ekonomi kami boleh di katakan sudah berkecukupan karna usaha yang mulai maju pesat itu akhirnya saya dana suami sepakat untuk membesarkan usaha kami dengan meminjam modal di dengan jaminan surat tanah dan rumah kami, saya dan suami mendapat pinjaman dari bank sebesar 1 Milyar kami pun memakai uang itu untuk mengepul semua hasil rumput laut di gorontalo, namun nasip berkata lain bukannya keuntungan yang kami dapat tapi malah musibah gudang tempat penyimpanan yang bersampingan dengan rumah kami ludes terbakar api semuanya musnah tanpa sisa barang uang perhiasan pun habis, saat itulah kami terpuruk dan jatuh miskin, keputusasaan melanda kami dan pada akhirnya saya dan suami memutuskan mencari jalan instan minta pesugihan pada awal maret kami berkunjung ke tanah jawa menjumpai seorang dukun di kota malang berbagai ritual sudah kami jalani tapi hasilnya nol. uang kami habis tapi kami tidak dapat apa-apa, lalu kami cari ke tempt lain dan kami bertemu dengan K.H. Abah Manzur, setelah kami mendengarkan penjelasan beliu awalnya kami sedikit ragu akan berhasil karna cara beliu ritual tidak pakai bahan apapun cuma pakai uang yg kami sisahkan itu, setelah menunggu 5jam lamanya allhamdulillah, mata saya tertujuh pada karung yg didalamnya penuh dengan uang pecahan 100 ribu, kemudian pak kyai memanggil kami dan menyampaikan itu uang anda ambillah "kata beliu" dengan sujud syukur kami mencium kaki beliu sambil menangis bahagia, lalu ke esokan harinya kami pulang ke gorontalo untuk meritis usaha lagi, berkat bantuan dana gaib 3 milyar dari abah manzur kini hidup kami sdh lebih baik dari sebelumnya, kepada saudaraku yang ingin mengubah nasib jangan pikir pikir lagi segeralah minta pertolongan beliu insyaallah beliu akan membantu kesusahan anda.

      Sedikit saya tambahkan bahwa ritual pesugihan abah tanpa tumbal dan resiko apapun di jamin aman dunia akhirat,

      Jika ingin merubah nasib segera hubungi kyai abah manzur di nomor tlp 0853~2048~9499 atau
      Kunjungi Situs. https://ahlipesugihanislami.blogspot.com/

      Hapus

Copyright © 2013 Blog Penyuluh | Powered by Blogger
Edited by FBL Clasix
Blogger Template by Lasantha | Jss Triple Oke