Cara pengolahan tanah sangat menentukan produksi bawang merah. Untuk itu pengolahan tanah harus dilakukan sebaik mungkin. Pengolahan tanah ini meliputi 3 tahap yaitu Persiapan lahan, Pembuatan bedengan dan Pemupukan dasar. Berikut penjelasannya :
  • Persiapan lahan dilakukan dengan cara membersihkan gulma dan menggemburkan tanah, penggemburan tanah kurang lebih sedalam 25-30 cm. Kemudian dilakukan pengecekan pH tanah, apabila pH kirang dari 5,6 sebaiknya dilakukan pengapuran menggunakan Kaptan atau Dolomit dengan dosis 1-1,5 ton/ha. Pengapuran dilakukan minimal 2 minggu sebelum tanam.
  • Penanaman bawang merah lebih baik menggunakan bedengana. Pembuatan bedengan disesuaikan dengan kebutuhan. Bedengan biasanya dibuat dengan ukuran 1,5-1,75 m, diantara beedengan dibuat parit dengan ukuran 0,5 m dan kedalaman 0,5 m. Penanaman tanpa menggunakan bedengan tidak disarankan, dikarenakan resiko genangan air yang mengakibatkan pertumbuhan negatif dan menimbulkan penyakit.
  •  Pemupukan dilakuka satu minggu sebelum penanaman menggunakan pupuk kandang dengan dosis 15-20 ton/ha atau 5-10 ton/ha kompos matang ditambah 200 kg/ha TSP. atau dapat juga menggunakan pupuk NPK (15-15-15) dosis ± 200 kg/ha.
filed under:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 Blog Penyuluh | Powered by Blogger
Edited by FBL Clasix
Blogger Template by Lasantha | Jss Triple Oke